Destinasi wisata alam yang bisa kamu jelajahi ketika menjajan kawasan Geopark Ciletuh, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

SUKABUMI- Terletak di jantung Geopark Ciletuh, kamu bakal mendapatkan pengalaman nuansa alami yang tidak terlupakan. Dengan mendapat predikat UNESCO Global Geopark, membuktikan kalua Kawasan Geopark Ciletuh mempunyai potensi geologi, hayati, dan budaya yang sangat dahsyat.

Di Ciletuh Hills hanya selangkah saja dari Lodge, kamu bisa menikmati keajaiban satu-satunya geopark di Jawa Barat. Patahan dan lempengan bumi puluhan juta silam dapat anda lihat dan ini membentuk bentangan alam yang sangat indah.

Dari teras Lodge Ciletuh Hills, kamu dapat menikmati air terjun bertingkat-tingkat, tebing Ciletuh yang gagah, hutan alami dengan ribuan hewan dan serangga.

Kemudian, kamu juga bisa berpetualangan di pantai yang menghadap langsung ke Samudera Hindia, pertanian, serta bentangan sawah yang menajubkan.

Dengan lansekap yang sangat lengkap, membuat tamu yang dating ke tidak akan pernah bosan, bahkan berulang-ulang.

Geopark Ciletuh atau kerap disebut juga Ciletuh Geopark memiliki nama resmi Taman Bumi Ciletuh – atau Geopark Ciletuh – .

Kawasan alami seluas 128 ribu hektare ini menjadi salah satu destinasi wisata alam populer bagi masyarakat Sukabumi dan sekitarnya.

Kawasan Geopark Ciletuh, terletak di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dengan luas sekitar 128 ribu hektare yang tersebar di 8 kecamatan di 74 desa.

Berjarak sekitar 37 Km dari ibu pusat Kota , Geopark Ciletuh membutuhkan waktu tempuh sekitar 4 hingga 5 jam dari Jakarta.

Topografi dari kawasan ini cukup bervariasi, meliputi pegunungan, perbukitan, dataran rendah, teluk Ciletuh dan pesisir Samudra Hindia.

menawarkan beberapa spot wisata yang sangat populer. Jika kamu tertarik untuk berpetualangan menjelajahi keindahan Geopark Ciletuh, ada banyak destinasi wisata bisa dinikmati.

1. Pantai Palangpang

Salah satu destinasi wisata di paling populer adalah Pantai Palangpang. Pantai ini kerap dianggap sebagai gerbang masuk ke kawasan Ciletuh Geopark melalui jalur laut.

Pantai Palangpang memiliki garis pantai yang cukup panjang serta lebar sehingga Anda bisa puas bermain dan beraktivitas atau sekedar bersantai di kawasan wisata di satu ini.

2. Pantai Cipanarikan

Ada banyak pantai lainnya yang bisa kamu jadikan tujuan wisata saat mendatangi Geopark Ciletuh. Salah satunya Pantai Cipanarikan. Berbeda dengan destinasi wisata Geopark Ciletuh lainnya, Pantai Cipanarikan salah satu hidden gem di Ciletuh Geopark karena lokasinya cukup tersembunyi dan tidak mudah dijangkau.

Namun, keindahan yang ditawarkan spot wisata pantai di Geopark Ciletuh ini tentu sebanding dengan medan perjalanannya yang tak mudah. Bentangan pasir putih nan halus bertemu dengan air laut berwarna biru kehijauan memberikan panorama yang benar-benar memanjakan mata.

3. Bukit Teletubbies

Berlokasi di Ujung Genteng, spot wisata di Geopark Ciletuh selanjutnya sangat instagramable. Disebut Bukit Teletubies, karena spot wisata ini berupa bukit-bukit hijau seperti bukit yang terdapat pada acara TV anak-anak ‘teletubies'.

Kawasan berbukit-bukit yang hijau ini paling direkomendasikan untuk dikunjungi menjelang sore hari karena momen ‘golden hour' di kawasan wisata di Geopark Ciletuh ini terkenal sangat indah.

4. Curug Puncak Manik

Berbicara soal destinasi wisata yang menyegarkan di Geopark Ciletuh, ada berbagai destinasi wisata air terjun atau populer sebagai curug yang bisa Anda jelajagi saat berada di Ciletuh Geopark.

Salah satunya adalah Curug Puncak Manik. Destinasi wisata curug satu ini merupakan curug tertinggi yang berada di dalam kawasan Ciletuh Geopark dengan ketinggian mencapai 100 meter!

Tak hanya bisa menikmati segarnya pancuran air terjun di Curug Puncak Manik, Anda juga bsia menyegarkan diri dengan bermain air di sekitarnya.

Selain Curug Pucak Manik, beberapa destinasi wisata air terjun lainnya di dalam kawasan Geopark Ciletuh yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Curug Cikaso, Curug Awang, Curung Cimarinjung, hingga Curug Cigangsa dan masih ada berbagai macam curug lainnya.

5. Kampung Adat Kasepuhan Ciptagelar

Ternyata kawasan wisata tak hanya tawarkan wisata alam saja. Bagi Anda yang ingin berwisata adat dan budaya, destinasi wisata di selanjutnya ini bisa jadi tujuan yang tepat untukmu.

Kasepuhan Ciptagelar adalah sebuah desa adat yang berlokasi di kaki gunung Halimun. Suasana di desa adat ini masih sangat asri dengan panorama persawahan yang hijau dan indah.

Namun, dibalik keasrian dari desa adat ini, masyarakat Kasepuhan Ciptagelar masih menjunjung tinggi adat istiadat serta tradisi Sunda.

Berkunjung ke salah satu spot wisata di Geopark Ciletuh ini, kamu masih bisa melihat perkampungan dengan arsitektur tradisional yang masing sangat terjaga di rumah-rumah penduduknya.

Jika beruntung, kamu bisa menyaksikan upacara adat yang masih kerap diselenggarakan di desa adat ini pada hari-hari tertentu.(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *